S@mosa, p@5teL !Ndi@

Teman-teman ada yang suka pastel, cobalah pastel gaya India ini. Bentuknya segi tiga, adonannya gurih renyah dan isinya daging plus sayuran berbumbu kari. Yang jelas wangi rempahnya sangat menggelitik hidung. Mau coba?


Pastel India ini memang sudah dikenal hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tak sulit mencari samosa karena hampir di tiap gerai kue atau bakery bisa dibeli camilan yang satu ini. Kalau mau yang beku, di gerai makanan beku atau frozen food pasar swalayan besar selalu tersedia dalam kemasan karton.

Ciri khas camilan ini bahan isinya memakai bumbu kari. Bisa berupa campuran daging cincang, kentang dan kacang polong, wortel atau buncis. Isian ini kemudian ditaruh dalam potongan adonan yang terbuat dari tepung terigu, ghee atau mentega dan air. Cara membuat adonan ini persis seperti kulit pastel. Setelah dicampur rata, didiamkan lalu digilas tipis.

Bentuk lipatannya hampir selalu segi tiga sehingga menjadi ciri khas samosa. Untuk isinya, banyak variasi lain termasuk versi vegetarian dengan campuran aneka sayuran dan bumbu kari.

Jika membuat sendiri, agar awet, samosa bisa dibekukan dalam freezer. Saat akan disajikan, digoreng hingga kecokelatan. Rasanya makin gurih renyah saat dimakan hangat-hangat. Bisa dengan chutney atau acar gaya India atau saus cabai botolan.

~ oleh dhieeewhe pada 22 Juli 2008.

4 Tanggapan to “S@mosa, p@5teL !Ndi@”

  1. kayanya enak neh …

  2. enaknya dalamnya dikasih telur mbak, nyamm

  3. wahh nanti tambah nek
    heee ….
    khan udah ada dagingnya

    ^_^

  4. sLurrp!
    jadi ngiLer….
    Huehehehe….referensi yang baGuz buat nyoba makanan baru…
    Thanks Dhie!

    3cha (^o^)/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: