Ryan :: Siapa Grady ?

Kabar bahwa model dan pesinetron Grady Gland Adam Tumbuan menjadi salah satu korban pembunuhan Ryan sangat mengejutkan rekan-rekannya di Global TV maupun para mantan finalis VJ Hunt MTV 2007.
”Kita semua kaget waktu mendengar kabar ini. Tapi, waktu polisi datang ke Global TV Jumat lalu (25/7).

Beritanya kan masih simpang siur. Kabarnya, hasil otopsi baru ketahuan hari ini. Tapi, kita belum tahu,” ujar Benny ”DJ Blanco” Sarmanella, Marcomm Manager Global TV, saat dihubungi Warta Kota melalui telepon, Kamis (31/7).

”Aku dan teman-teman finalis lain kaget dan enggak menyangka dia meninggal sebagai korban Ryan,” ujar pemenang VJ Hunt MTV 2007, VJ Ben Kasyafani, saat dihubungi terpisah, kemarin.

Baik Benny maupun Ben sama sekali tidak menduga bahwa Grady punya kelainan atau penyimpangan orientasi seksual. ”Aku cuma kenal saat jadi finalis, tampilannya sih cowok banget, jadi sulit dibedain (homo atau bukan),” kata Ben.

Tapi, Grady yang diduga sebagai salah satu korban pembunuhan Ryan ini pernah mengaku dirinya homo. Ini diungkapkan Grady saat proses kasting VJ Hunt MTV 2007 kepada head of talent artist Global TV, Putu Putri Ayu. Grady adalah finalis 10 besar VJ Hunt MTV.

Putri bilang, Grady membahasakan dirinya ”Dede”. ”Dari awal kasting, semua peserta memang harus jujur sama gue. Saat itu, dia mengaku,’Dede sebenarnya ”B” (biseksual—Red),” katanya.
Ketika ditanya balik oleh Putri, sejak kapan jadi ”B”, Grady saat itu menjawab, ”Ya pokoknya, di awal-awal aku melalang buana ke Jakarta.”

Menurut Putri, obrolan secara pribadi seperti saat kasting VJ Hunt diperlukan untuk keharmonisan hubungan kerja di masa berikutnya karena Putri akan menjadi ”ibu” bagi mereka. ”Wawancara ini adalah job description gue saat menyaring mereka yang nantinya jadi anak asuh kita, sebelum dilempar ke manajemen MNC,” katanya.

”Sebetulnya, kita (pihak MTV dan Global) tidak peduli, dia mau homo, gay, atau lesbian. Karena, pemenang dilihat dari skill. Data keluarga aja bagi kita enggak penting. Makanya, kita tidak tahu orangtuanya. Buat tahu kepribadian mereka, ini cuma untuk gue pribadi, karena kalau menang juara 1 atau 2, mereka akan lama kerja sama gue. Biar langgeng, gue harus tahu karakter anak gue, jangan sampai gue salah treatment mereka,” jelas Putri.

Selama karantina, Putri memang dekat dan jadi tempat curhat ke-10 finalis, termasuk Grady. ”Sosok Dede itu cowok banget. Badannya sangat tegap, atletis. Wajahnya ganteng, kulitnya putih, tingginya 176 cm. Ya kayak Indra Bruggman gitu deh,” papar Putri.
Di sisi lain, Grady memang terlihat butuh perhatian. ”Dia manja. Dia pengin gue tahu masa lalu dia,” kata Putri.

Grady bercerita bahwa dirinya menjadi gay karena terpengaruh pergaulan saat terjun sebagai mode, dan pesinetron. Grady adalah mantan model di agensi Look Model, lalu jadi model freelance. ”Dia sempat pacaran sama cowok dan diajak tinggal di Filipina,” beber Putri.

Broken home

Secara pribadi, Putri mengaku simpati dengan latar belakang kehidupan Grady atau yang menyebut dirinya ”Dede”. ”Dia (Grady) itu perantauan. Orangtuanya di Manado, katanya sudah bercerai. Kasihan… Hidupnya seperti cerita sinetron. Dia itu anak broken home, ngakunya dari kecil tidak diurus keluarga,” katanya.

Menurut Putri, Grady pernah bercerita, ”Aku merantau ke Jakarta dari mulai enggak punya uang, enggak punya apa-apa.”

”Makanya, dia suka telepon aku untuk minta job. Jadi, aku suka ajak kasting. Kasihan sih, dia kan di sini kos. Terakhir dia telepon aku minta job akhir tahun lalu,” ujar Putri. Dia bertemu Grady terakhir kali pada bulan November 2007.

”Waktu jadi finalis VJ, dia masih jomblo. Tapi setelah itu, dia pernah ngenalin pacarnya, cewek, pas kita nongkrong di Citos (Cilandak Town Square), bulan November 2007. Ya jujur, gue malah senang lihat dia pacaran sama cewek. Gue lihat sih, dia memang masih bisa suka cewek. Dia kan jadi ”B” karena pergaulan,” kata Putri. Setelah gagal jadi VJ MTV, Grady makin jarang ketemu Putri.

”Abis itu, kita cuma telepon-teleponan. Sampai suatu ketika, ada SMS misterius yang dikirimkan ke kita-kita di Global TV, sekitar bulan Januari-Februari 2008. SMS itu bilang, Grady sudah meninggal karena kecelakaan. Kita coba cek, tapi enggak ada yang tahu. Semua kehilangan jejak. Pas kita cek ke anak-anak Look Model, mereka enggak percaya, karena belum lama ketemu dia,” kenang Putri.
Grady adalah pribadi yang hangat dan supel. ”Dede itu orangnya rame, supel, dan sebetulnya laki banget. Gayanya enggak kayak bencong, meski sama aku, dia suka manja,” ujar Putri.

Putri melanjutkan, ”Dede sering nongkrong di Kemang sama aku dan anak- anak Global TV lainnya. D    ia malah suka melindungi yang cewek-cewek kalau ada cowok brengsek, atau player (playboy—Red),” tutur Putri.

info : wartakota.co.id

~ oleh dhieeewhe pada 2 Agustus 2008.

5 Tanggapan to “Ryan :: Siapa Grady ?”

  1. goodbye bro…

  2. kesian ya..

  3. duh kasian bgt udah ganteng duh aku jdi makin benci ma rian muda2ham i mati jg pas rasanya,duhhhh kok di korban bunuh sih knpa ay?kan dia ganteng bgt heeeee

  4. serem ih

  5. DAh d hukum mati blm rian?kasian bggt ya

Tinggalkan Balasan

 
