Ryan Pura-pura Gila

Tersangka mutilasi dan pembunuhan berantai asal Jombang, Jawa Timur, Very Idam Henyansyah atau Ryan berusaha berkelit dari jeratan hukum. Celah yang berusaha dipakai Ryan untuk melepaskan diri dari jeratan hukum adalah agar dinyatakan sakit jiwa atau gila.

“Ia sering membuat pengakuan-pengakuan yang tidak logis dan menyesatkan. Apalagi saat menjalani tes oleh psikiater. Dari pengakuan-pengakuan yang diberikan, ia kelihatannya paham hukum, sehingga berusaha menggunakannya untuk meloloskan diri dari jeratan hukum,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira, Sabtu (2/8).

Namun demikian, tim pemeriksa Ryan sudah berpengalaman, sehingga tidak mudah dikecoh. Tim membuat pertanyaan-pertanyaan secara lisan dan tulisan. Tim yang memeriksa Ryan kemudian tetap menyimpulkan bahwa Ryan normal dan tidak mengalami sakit jiwa.

Menurut keterangan Abubakar, setelah terungkap banyaknya kebohongan dan upaya pura-pura gila, tim penyidik meminta bantuan peralatan lie detector. Dengan alat penguji kebohongan ini, diharapkan akan mempercepat tugas penyidik. Pneyidik cepat dapat mengetahui mana keterangan Ryan yang bohong dan mana yang tidak.

“Pengiriman peralatan lie detector ke Jatim, ini kan salah satunya karena Ryan dinilai banyak membuat pengakuan yang menyesatkan. Ia banyak berkelit dan berbohong. Nampaknya ia tahu dan mengatur strategi dengan pura-pura gila,” jelas Abubakar.

Senin, 4 Agustus, lie detector akan dikirim ke Polda Jawa Timur. Alat ini untuk mendeteksi selama memeriksa Ryan, apakah keterangan yang diberikan benar atau bohong. (persda network/sugiyarto)

info : kompas

Iklan

~ oleh dhieeewhe pada 5 Agustus 2008.

Satu Tanggapan to “Ryan Pura-pura Gila”

  1. knp orang kecil selalu di anngap sebelah mata,,sedangkan orang gede bisa membeli hukum dgn uang,,,,sementra orang kecil tdk bisa…itu jeleknya hukum di Indonesia…terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: