Nanti Malam Hujan Meteor Perseid

JAKARTA, SENIN – Hujan meteor Perseids akan kembali hadir menyuguhkan kembang api alami di langit malam. Puncaknya diperkirakan akan tejadi nanti malam hingga Selasa (12/8 ) dini hari.

Pertunjukan hujan meteor Perseids akan dimulai sekitar pukul 23.00 WIB dekat Rasi Perseus yang terbit dari arah Timur Laut. Nama Perseids sendiri memang diambil dari rasi bintang tersebut. Komet-komet Perseids juga selalu muncul dari arah rasi tersebut yang bergerak dari arah timur laut ke barat sepanjang malam hingga pagi hari.

Meteor-meteor tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet yang ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengaha Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan.

Sayang, di awal pertunjukan kali ini cahaya bulan sedang mendekati fase purnama sehingga sedikit mengganggu munculnya kilatan meteor. Pengamatan paling baik setelah pukul 02.00, Selasa (12/8 ) dini hari, begitu bulan tenggelam.

Pada puncaknya, rata-rata dapat terlihat antara 50-60 meteor setiap jam. Jika beruntung, pengamat yang berada di daerah yang gelap gulita dan langit cerah bahkan dapat melihat antara 90-100 meteor setiap jam.

Hujan meteor Perseids merupakan salah satu fenomena yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Meskipun melesat lebih cepat dibandingkan meteor lainnya yakni dengan kecepatan 60 kilometer perjam, kilatan meteornya terkenal sangat terang dengan cahaya yang panjang.

Jadi jangan lewatkan momen langka yang datang setahun sekali ini. Persiapkan bekal camilan dan minuman hangat untuk menemani begadang. Menjelang tengah malam, cari lokasi yang gelap gulita dan siapkan tempat untuk berbaring yang nyaman untuk melihat langit.

info : space

~ oleh dhieeewhe pada 11 Agustus 2008.

5 Tanggapan to “Nanti Malam Hujan Meteor Perseid”

  1. ngantuk wie………….

  2. wah,…bgs bgt ,..makasih,…saya juga baru mo liat nih,.setelah,.ada info di metro tv,..tapi info dari sini lengkap sekali makasih ya,…
    danspeed

  3. jangan lupa bawa bantal yah…
    biar g ketiban meteor…
    atau ngumpet di pohon kelapa…???

  4. iya ntar malam insa allah dech liat, tapi kalo ga ngantuk yach ….:)

  5. Aduh, aku kok baca kelewat sehari. Jadi, ga sempat tongkrongin langit. Jika ada kejadian menarik lagi di langit, kabarin aku via e-mail, ya! Aku pengagum kekuasaan Tuhan atas alam semesta.

    Tabik!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: