Album Religi “Gigi” Jalan Kebenaran

GIGI melakukan sesuatu yang berbeda untuk album religi keempat mereka, Jalan Kebenaran, yang dirilis menjelang bulan Ramadhan kali ini. Tak seperti pada tiga album religi mereka terdahulu, semua lagu baru dalam album tersebut merupakan ciptaan para personel band itu, bukan karya orang-orang lain.

Album Jalan Kebenaran berisi delapan lagu baru karya Armand Maulana (vokal), I Dewa Gede Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum). “Album religi ini beda dengan album-album religi GIGI sebelumnya, karena lagu-lagu di dalamnya 100 persen karya kami,” kata Armand dalam jumpa pers di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (19/8 ) malam, sehabis GIGI menyajikan pertunjukan musik dalam rangka peluncuran album itu di tempat yang sama.

Pada 2007, GIGI tidak mengeluarkan album religi. Tapi, tahun ini, dalam waktu yang terbilang singkat, kira-kira hanya dua minggu, mereka menggarap album Jalan Kebenaran. “Setahun kami absen dari lagu-lagu religi, karena kami merasa lagu-lagu lama, seperti yang pernah kami aransemen ulang, enggak ada yang pas dengan selera kami. Banyak tawaran dari luar untuk menyanyikan lagu-lagu religi. Akhirnya kami memutuskan membuat lagu-lagu sendiri,” kata Armand lagi.

Judul lagu Jalan Kebenaran dipilih GIGI sebagai judul album itu karena merupakan benang merah untuk semua lagu yang ada dalam album tersebut. Lagu yang dicipta oleh Budjana (komposisi) dan Armand (lirik) itu pun dijadikan single pertama. “Jalan kebenaran, jalan yang dituju oleh semua manusia. Tapi, walaupun kita tahu ini benar dan ini salah, susah banget menuju ke jalan kebenaran,” tuturnya kepada Kompas Entertainment, Minggu (17/8 ) malam di Duri Camp, Riau, sesudah GIGI menggelar konser HUT ke-63 Kemerdekaan RI di sana.

Meskipun Jalan Kebenaran merupakan album religi, lirik lagu-lagunya masih pada tingkat bercerita tentang hubungan antarmanusia (hablumminannas) dan hubungan antara manusia dengan Tuhan (hablumminallah). “Kami merasa baru bisa membawakan lirik yang sifatnya hablumminannas dan hablumminallah. Kami belum berani mengambil lirik dari ayat Al Quran maupun hadis, karena itu enggak bisa main-main,” tekannya dalam jumpa pers di Jakarta.

Sementara itu, menurut Thomas, membuat komposisi untuk album religi sama saja dengan untuk album biasa. “Sebetulnya bedanya hanya di liriknya. Kata-katanya harus bener-bener. Ini sangat sensitif, kalau salah kan jadi (menyinggung) SARA,” ucapnya di Duri Camp. (C-03/ATI)

info: kompas

~ oleh dhieeewhe pada 22 Agustus 2008.

10 Tanggapan to “Album Religi “Gigi” Jalan Kebenaran”

  1. Album aja yang religi
    Seharusnya personilnya dulu yang religi
    Jangan sensasi aja ntuk cari guit..
    Dari hatinya dulu donk..yang diperbaiki..

  2. sori nimbrung mas. Personil Gigi 3 diantaranya beragama Islam, dan mereka kalo solat jarang bolongnya mas. Dan di setiap konser2 selalu ada sedikit dakwah dari armand sang vokalis. Dia benar2 mempraktekkan sunah rosul : “sampaikanlah walaupun cuma satu ayat”

  3. to martracho: apa anda sudah religi sehingga berhak mengatai seperti itu?

    to phery: setau saya si armand yg sholatnya mantep. samoth kmrn2 msh bolong2 tuh, gak tau skrg. klo hendy gak tau. budjana malah gak prnh sholat..he2.

  4. duuuhhh … rame nich🙂
    peace !!!
    pokoknya yang penting diri kita sendiri😉
    iya khan ??!!! 8)

  5. Hallaahh g penting banget ngebahas ibadah orang lain.g baik dimata manusia belum tentu dimata Allah.

    betul pokona yang penting diri kita sendiri

    PEACEE JUGA YOOO

  6. setuju banget,,ibadah itu kan bukan kita yang menilai,kita gak perlu ribet2 ngurusin ibadah orang,kita urus az diri masing2,introspeksi diri,toh klo kita udah mantep and perfect masa ngomongin orang sih kan klo salah bisa jadi suudzon..dosa tuch..PLnR ah..

  7. gpp ngebahas ibadah orang,kali aja kita makin termotivasi u/ lebih rajin lagi…..bener apa betul?

  8. Gigi bagus, personelnya low profile, g neko2… Armand type suami yg setia, anak band yg manis, ayah yg bertanggungjawab. Samoth belajar dari pengalaman menjadi manusia yg lbh baik. Hendy baik.. Budjana toleransinya tinggi..moga aja dpt hidayahNya…Amien2… sukses kang…

  9. Wis…, jangan ribut belum tentu yang ngeritik lebih baik dari yang dikritik !, dengan membuat album religi yang agak berbeda dengan pangsa pasar anak muda aja itu lebih dari cukup, dari pada ndk berbuat apa ya kan, ajiib, oke GIGIKITA dukungk donk

  10. setuju bgt dah, intinya mah introspeksi diri z gmna ibadah kita…

    to gigi trus berkarya n berkhutbah melalui syair2 Islam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: