Album Religi Afgan

SUNYI merambat. Kala menatap cahaya gelap, terbayang seketika segala dosa dan cela, sertabiadabnya fitnah hidup di dunia. Ketika itulah, puja-puji mengalir. Dalam sujud teriring doa dan pengharapan, memohon segala ampunan, taubat, dan berkah hidup di sucinya ramadhan.

Kiranya, begitulah yang hendak digambarkan oleh Afgan lewat lirik lagu Padamu Kubersujud. Bahwa, lagu ini adalah refleksi atas fitrah hidup Afgan sebagai manusia yang senantiasa tak hentinya untuk diuji segala cobaan oleh Allah SWT. Dan sejatinya ramadhan bagi Afgan, adalah bulan suci penuh berkah untuk mencari pengampunan dan perbaikan diri menyambut hari depan dengan kekuatan iman.

Memang, Afgan bukan seorang penyanyi lagu-lagu bernafaskan religi. Sebagai seorang penyanyi pop-jazz (Pop R & B) ia sangat memahami, bahwa makna syair dan cara menghayati antara lagu religi dan lagu pop-jazz/R & B regular yang biasa dia lantunkan sangat memiliki perbedaan. Ya, meskipun secara musikalitas keduanya tidak jauh berbeda.

Padamu Kubersujud membuat Afgan begitu merasakan keseriusan tingkat tinggi ketika menyanyikannya. Dalam denting piano yang segendang sepermainan dengan sayatan biola, Afgan seolah merintih, takut, dan memohon ampun atas segala dosa yang diperbuatnya. Dalam sujud, suaranya parau untuk tak henti melafalkan bait-bait doa dan berharap dilepaskan dari segala dosa dan fitnah nan menderanya selama ini.

Jelas sangat berbeda dengan lagu lain yang pernah saya nyanyikan sebelumnya baik itu bertema cinta atau apapun yang sama-sama menuntut penghayatan, kata Afgan. Makanya syair di dalamnya seperti membuat saya harus tertunduk bersujud dan berdoa memohon ampun, ini yang membuat saya sangat terbawa perasaan untuk menghayatinya, tambah Afgan.

Buat Afgan, menyanyikan lagu cinta selama ini terbilang sudah sangat biasa. Tetapi, menyanyikan lagu religi dengan makna syair berisi puja-puji kepada Allah SWT rasanya lain, sangat lain dari yang lain. Sulit buat saya berpura-pura, ucap Afgan. Untuk itu, simak liriknya di bawah ini:

Padamu Kubersujud (Cipt: Bebi Romeo)


Ku menatap dalam
gelap, tiada yang bisa kulihat
selain hanya nama-Mu,
ya Allah

Esok ataukah nanti,
ampuni semua salahku
lindungi aku dari
segala fitnah

Reff:
Kau tempatku meminta,
kau beriku bahagia
jadikan aku selamanya
hambamu yang selalu bertakwa

Ampuniku ya Allah,
yang sering melupakanmu
saat kau limpahkan
karuniamu dalam sunyinya aku bersujud

Memang sulit dimungkiri, bahwa kehadiran bulan Ramadhan senantiasa disambut gegap gempita oleh khalayak umat Islam seluruh dunia. Dan di Indonesia sendiri, yang notabene memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, tentu tidak kalah gempitanya menyambut datangnya bulan suci ini.

Terkait hal itulah, riuh dan semaraknya Ramadhan beberapa tahun belakangan selalu diikuti pula dengan hadirnya musik-musik bernuansa religi Islam, baik berisi pesan moral secara universal ataupun secara Islami. Bahkan, tidak jarang dari sisi musikalitas pun seringkali diimbuhi dengan sentuhan irama padang pasir.

Untuk itulah Fajar berharap, publik Indonesia pun akan menyambut positif kehadiran debut perdana lagu religi dari Afgan ini. Fajar menyadari, meskipun miskin idiom-idiom kental Islam dan padang pasir, secara universal lagu ini sejatinya bisa menjadi musik yang mampu menjadi medium reflektif bagi semua umat. Semoga bisa menjadi oase yang sejuk dan obat spiritual yang mujarab baik bagi pendengar dan penyanyinya, tandas Fajar.

Lalu, bagaimana komentar Afgan sendiri? Saya hanya ingin minta maaf kepada semua khalayak atas khilaf yang telah saya perbuat, semoga ramadhan ini menjadi langkah kita untuk lebih baik beribadah kepada Allah SWT, ujar Afgan. Dan semoga dengan lagu ini bisa menjadi renungan baik buat saya sendiri maupun orang lain yang mendengarnya, tambahnya.

info : KabarIndonesia

wahh mau download ya !! karena banyak yang minta dhie kasih dech 🙂

Mau Download PadaMu Ku Bersujud klik aja disini…!

~ oleh dhieeewhe pada 23 Agustus 2008.

26 Tanggapan to “Album Religi Afgan”

  1. Afgan emang asik banget suaranya. Mana nih download lagunya ?

  2. Ga da link downloadnya ya..:$

  3. mau donk…download lagunya…

  4. wah lagunya lumayan bagus, seperti lagunya ungu juga 🙂

  5. Lagunya itu pop, rock, jazz atau dankdut?

  6. ya ampun . bagus banget ni lagu . awlnya iseng” buat denger . tapi enak juga 🙂 kyanya bakalan gw pasang di fs kalo gini . pas bulan puasa pastinya .. 🙂

  7. lagu nya bagus banget …,pasti kita pada ingat sama allah …,

  8. gw suka banget, ma lagu religi na ini…
    dan bukan album religi…
    dia hanya ngeluarin single religi aja…
    bukannya album

  9. ak suka bgt ma lgu relgi-padamu ku bersujud
    lgu slalu dibawakan sm afgan slalu menyentuh dihati
    (halah bahasany sok tua)heheheh….
    pkkny smprna deh,lgu yg dibawakan sm afgan

  10. dugh nie nyanyian keren abiz deg bwt thn ini
    smOga thn yg akn dtng afgan bkin aLbum yg Lbh krEn
    OK yach afgan
    _manda_

  11. oke banget lagunya,,, aq minta lirikya az ya ,,,coz udah punya

  12. wahhh banyak yang suka 🙂
    makasih
    dhie juga suka makanya dhie post 😉

  13. wah lgu ‘y bags

  14. Makasih….:)

  15. keren bgt lagunya

    sukses tyus y bwt afgan

    luv u so much…

  16. ada niat puasa Ramadhan versi Afgan, yg ditayangin abis waktu imsak di SCTV gak? minta donk…. thnx

  17. gw suka banget m afgan

  18. hiyaaaaaa lagunya uenak banget

  19. Mudah2an Lagu ini bs mmbawa pencerahan thd diri afgan buat Qta yg suka dgn lagu ini dan buat afgan sendiri sbg pmbawa dakwah ini, amin..

    VIVA AFGAN!
    ADHAN IS AFGAN 2 BE..!!
    AMIN..

    profile: adhan_myconfession@yahoo.com

  20. afgan….
    lagu mmu membut kku tersentuhhhh

  21. Icchhh….Afgan kamu tuch klo nyanyi lagu “padamu ku bersujud” bikin aku merinding trus juga nyentuh bangetzzz..top dech buat kamu,key!!!!! Good luck yach….

  22. pokonya km tu hebat bgd dech
    q salut
    top lagu ny tren bgd
    be sucsess ok!!!!!!!!

  23. afgan…….
    ni ma rafgan pngemar……

    gimana cranya agar suara bgs sprti kamu gan…????
    bri solusinya donk!!!!!

  24. whh,, sukses deh wat afgann,, yang jelass tetep berkreasy yy,,
    jangan luppa ma fans nya,,

  25. yy dah sukses ajj wat afghan,, keys,,

  26. aku suka banget lagu ini,
    sukses buatmu afgan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: