PeNyeb@Ran Bakt3ri MeL@Lu! AC

Pernah mendengar tentang penyakit Legionnaire? Di Philadelphia pada tahun 1976, 221 orang terkena penyakit ini dan 24 orang meninggal. Penyebab penyakit ini adalah Legionella pneumophila. Nama yang kelihatannya indah namun membawa kematian.

Infeksi yang ditimbulkan kuman ini ada dua macam dan selalu dikaitkan dengan sistem pendingin udara (AC) yaitu :

Legionnaire’s disease

Pontiac fever

Gejala penyakit ini awalnya seperti batuk biasa disertai dengan demam, namun dapat berlanjut dengan pneumonia dan dapat terjadi kerusakan hati dan ginjal yang dapat menimbulkan kematian.

Legionella menyebar melalui udara. Penelitian atas sampel dari menara pendingin dan kondensor penguapan dalam sistem pendinginan udara ditemukan ternyata mengandung bakteri ini. Menara pendingin & kondensor penguapan digunakan untuk melepaskan panas yg tidak dikehendaki dari sistem pendingin udara dan menjadi kotor karena mengumpulkan debu dan kotoran. Memang menara pendingin dan kondensor penguapan ini didesain untuk mensuplai oksigen bersih, tetapi juga merupakan media pertumbuhan bakteri dan jamur.

Saat ini, banyak produk-produk pendingin udara teknologi baru yang mampu menyaring virus dan bakteri dalam ukuran milimikron. Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Namun jangan lupakan jadwalkan pembersihan penyaringnya secara periodik, agar bahaya penyakit tidak mengancam.

~ oleh dhieeewhe pada 25 Agustus 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: