Tet@p SeH@t Sa@t Pu@sa

Sebentar lagi Ramadhan tiba, saatnya untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kita perlu memperhatikan hal-hal penting lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh supaya ibadah kita bisa dijalankan dengan lancar.

Karena berkurangnya mengkonsumsi makanan, dan lamanya waktu berbuka puasa menyebabkan asupan gizi juga berkurang. Untuk itu, supaya tubuh tidak lesu dan tetap bugar, kita harus mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang seimbang pada saat makan sahur, seperti karbohidrat sebagai sumber energi, protein dan lemak sebagai zat pembangunan, dan minumlah vitamin sebagai sumber zat pengatur supaya tubuh tetap fit sepanjang hari.

Nah, supaya kondisi tetap terjaga pada saat berpuasa, dibawah ini ada beberapa kiat untuk Anda yang akan menjalankan ibadah puasa, yaitu :

  • Pada saat berbuka puasa sampai menjelang tidur, minum air putih yang cukup supaya tubuh tidak dehidrasi.
  • Makan sayur-sayuran dan buah-buahan, karena banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, dan kurangi makan-makanan yang pedas.
  • Harus memperhatikan komposisi gizi dengan seimbang, dan batasi makan-makanan yang digoreng dan mengandung lemak yang tinggi.
  • Hindari untuk mengkonsumsi kafein dan minuman ringan, karena kafein menyebabkan banyak buang air kecil.
  • Stop merokok saat Ramadhan, karena hal ini mengakibatkan munculnya beragam penyakit. Bila Anda belum bisa menghilangkan kebiasaan untuk merokok secara tiba-tiba, lakukanlah pelan-pelan beberapa hari sebelum menjelang puasa.
  • Olahraga secukupnya, seperti senam atau jalan kaki dan sebaiknya ubah waktu olahraga yang biasanya dilakukan pada pagi hari, diganti pada sore hari atau malam dan sesuaikan dengan waktu yang Anda miliki.
  • Bagi Anda yang menderita sakit maag, sebaiknya  konsultasikan dulu ke dokter dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah dapat menjalankan puasa atau tidaknya. Dan apabila Anda dapat menjalankannya, minumlah obat ketika sahur dan berbuka.

Manfaat Puasa

Menjalankan puasa sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Membuang racun-racun (detoksifikasi) supaya tidak menumpuk dan menimbulkan penyakit.
  • Bagi mereka yang kelebihan berat badan, puasa merupakan saat yang tepat untuk menurunkannya.
  • Tidak memasukkan asupan yang berlebihan terutama yang tidak menyehatkan, seperti merokok. Selain itu puasa dapat mengurangi pemborosan energy yang dihasilkan tubuh sehingga dapat menghilangkan semua racun di tubuh.

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

~ oleh dhieeewhe pada 29 Agustus 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: