Kurma Mengusir Lemas

Tak lengkap rasanya saat puasa Ramadhan tanpa buah kurma di meja makan. Tak sekedar untuk tradisi, menyantap buah kurma pada saat makan sahur dan berbuka ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Buah kurma, selain bisa mengusir rasa lemas  juga bisa membuat otak tetap ‘terjaga’ sehingga tetap encer untuk berpikir.

Mengapa kurma?

Pada hari-hari biasanya, tubuh membutuhkan energi sebesar 25 kkal/kg berat badan. Pada saat berpuasa, asupan energi dalam tubuh berkurang sebesar 20-30 persen. Tak heran jika pada saat puasa tubuh lebih cepat lemas dan lelah. Karena itu, diperlukan asupan gula yang dapat segera diabsorbsi ke dalam tubuh untuk menggantikan asupan energi yang kurang.

Nah, biasanya untuk memenuhi kebutuhan energi pada saat puasa, konsumsi makanan berat seperti nasi merupakan pilihan utama pada saat sahur dan berbuka. Padahal, karbohidrat yang terdapat pada nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memerlukan proses pencernaan yang cukup lama.

Itu sebabnya pada saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula sederhana yang siap dipakai oleh tubuh, seperti buah-buahan. Termasuk buah kurma. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam kurma merupakan gula sederhana yang mudah dicerna dan siap dipakai oleh tubuh. Hanya dalam 45-60 menit, tubuh akan segera memperoleh asupan energi dan menjadi bugar kembali. Kandungan gula pada kurma sangat tinggi, sekitar 70 persen, yaitu 70-73 gram per 100 gram kurma.

Kurma juga mengandung vitamin yang cukup tinggi. Kehadiran vitamin ini dapat meningkatkan kebasaan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tidak memperoleh makanan dan minuman. Setiap 100 gram kurma kering mengandung vitamin A sebesar 50 IU, tiamin 0,09 mg, ribofalvin 0,1 mg, dan niasin 2,20 mg. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, reproduksi, imunitas (kekebalan) tubuh, dan pemeliharaan sel epitel.

~ oleh dhieeewhe pada 30 Agustus 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: