Fenomena Album Religi di Bulan Ramadhan

Bagi masyarakat pada umumnya, bulan Ramadhan memang adalah sebuah momen untuk refleksi diri dari segala perbuatan yang telah dilakukan kurang lebih selama 11 bulan. Namun, bagi masyarakat industri musik, selama beberapa tahun terakhir ini, bulan Ramadhan adalah sebuah kesempatan untuk berlomba-lomba menciptakan dan menjual sebuah album religi.

Bagi beberapa band kenamaan, membuat album religi memang sudah menjadi sebuah tradisi tahunan. Sebut saja 2 band kenamaan, GIGI dan Ungu. Kedua band kenamaan tersebut, selalu tidak pernah melewatkan kesempatan untuk me-release album religi, di tengah bulan Ramadhan.

Menurut segi bisnis industri musik, album religi adalah sebuah proyek musiman. Karena biasanya, album religi tersebut hanya laku dijual di saat bulan Ramadhan. Dan tidak dapat dipungkiri, jadwal manggung band-band yang memiliki album religi sangat padat di saat bulan Ramadhan.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah album religi benar-benar sebuah karya yang dibuat dengan perasaan kerinduan manusia akan Tuhan? Ataukah, album religi hanyalah sebuah tuntutan industri dan bisnis musik?

Bagi beberapa band lainnya, seperti The Titans dan Angkasa, membuat sebuah album religi adalah suatu hal yang sangat berat dan sulit. Karena menurut mereka, diperlukan persiapan mental dan tanggung jawab yang besar dalam membuat sebuah album religi.

Walaupun tahun depan mereka ingin membuat sebuah album religi, mereka tidak ingin membuat album religi seperti yang sudah ada. Mereka sangat ingin memperdengarkan lagu-lagu karya mereka yang bernuansa Islami, dengan warna yang benar-benar berbeda dari karya band-band yang ada sebelumnya.

Mungkin masyarakat pencinta musik tidak perlu khawatir lagi akan bosan mendengarkan lagu-lagu religi yang sudah ada. Karena saat ini dan yang akan datang, akan semakin banyak band-band Indonesia yang berlomba-lomba berkarya membuat album bernuansa religi, dan akan semakin banyak warna dan pilihan jenis musik yang akan disajikan oleh para musisi di setiap bulan Ramadhan. (kpl/dna)

Iklan

~ oleh dhieeewhe pada 6 September 2008.

Satu Tanggapan to “Fenomena Album Religi di Bulan Ramadhan”

  1. kayaknya saia pernah baca artikel ini di sebuah portal :mrgreen:
    memang fenomena band2 religi selalu muncul saat2 menjelang bulan ramadhan.
    Saia nggak tau ini memang cara anak2 badn itu untuk mendekatkan diri pada tuhannya ato hanya sekedar “jalan pintas” buat meraih keuntungan sebanyak mungkin.
    Kenapa hanya saat2 menjelang bulan ramadhan mereka mengeluarkan album religi…
    kemana aja mereka 11 bulan yang lainnya???
    coba contoh salah satu band Indo bernama PURGATORY…
    mereka adalah band metal,cadas,sangar…
    tapi mereka sangat religius,coba kalau admin blog ini punya waktu!sempatkan mendengar lagu2 dari PURGATORY setelah itu perhatikan barisan lirik2 lagu mereka.
    pasti anda akan dibuat takjub olehnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: