Soft Drink b!sa m3Rus@k Gigi

Saat cuaca panas atau sehabis berolahraga, soft drink memang salah satu minuman favorit yang dicari dan digemari banyak orang. Selain untuk pelepas dahaga juga sebagai pelengkap saat sedang kumpul-kumpul bersama teman.

Tetapi jika setiap hari kita mengkonsumsinya, tentu Anda harus memikirkan kesehatan tubuh apalagi kesehatan gigi Anda. Karena menurut hasil para peneliti dari Academy of General Dentistry’s America, terlalu sering mengonsumsi minuman ringan dan minuman berenergi bisa merusak gigi.

Seperti yang diungkap dalam penelitian tersebut, minuman ringan tidak hanya memiliki tingkat keasaman (pH) yang dapat merusak gigi, namun tingkat buffering atau kemampuan minuman dalam menetralisir asam juga dapat menimbulkan efek negatif pada gigi dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada enamel gigi.

Sebelumnya para peneliti melakukan uji coba keasaman pada sekitar lima jenis kategori minuman yang paling popular di AS, terutama di kalangan remaja dan orang dewasa. Mereka menemukan pasien yang mengalami tanggalnya gigi pada usia 20-an. Dari sini terungkap gigi para penggemar minuman ini menjadi sangat rentan terhadap serangan asam yang terdapat dalam minuman. Alhasil, kualitas gigi mereka pun menjadi buruk dan dapat berujung pada tanggalnya gigi. “Mereka banyak sekali menenggak soda, minuman olahraga dan minuman energi. Akibatnya, jika tidak ditangani serius sejak dini, dapat berujung pada problem gigi yang parah dan membutuhkan rehabilitasi mulut untuk memperbaikinya,” terang Dr Raymond Martin, juru bicara dari AGD (Academy of General Dentistry).

Kerusakan enamel yang diakibatkan tidak main-main. Dalam tiga menit setelah kita meminum soda, terjadi pengikisan enamel 10 kali lebih kuat dibandingkan dengan minuman jus buah. Menurut para ahli, kandungan asam sitrat yang terdapat dalam segala jenis minuman soda menjadi biang keladinya.

Jadi supaya gigi kita tetap terjaga kesehatannya, sebaiknya batasi untuk mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung soda. Dan gunakanlah sedotan yang ditempatkan dibagian belakang atau didalam mulut pada saat meminumnya, hal itu untuk mencegah adanya kontak cairan dengan gigi, dan kumurlah mulut dengan air bersih setelah meminumnya.

~ oleh dhieeewhe pada 12 September 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: