tR@d!si Leb@raN Um@t Muslim di Dun!a

Besok Lebaran tiba, masyarakat muslim di dunia berbahagia merayakan hari kemenangannya. Beragam perayaan diadakan untuk menyambut hari nan fitri ini.

Mau tau tradisi apa saja yang biasa dilakukan umat muslim dunia saat lebaran?

Eropa
Komunitas muslim di belahan benua Eropa tidak dapat merayakan Idul Fitri secara meriah. Negara-negara Eropa tidak menetapkan Idul Fitri sebagai hari libur, karena itu kebanyakan muslim di sana tetap bekerja atau sekolah seperti biasa. Biasanya mereka akan mengambil cuti di hari raya agar bisa mengikuti salat Id dan bersilahturahmi dengan keluarga atau komunitas muslim.

Turki
Masyarakat Turki mengenal Lebaran dengan istilah bayram. Mereka akan saling menyampaikan salam lebaran dengan ucapan ”Bayramýnýz kutlu olsun” atau ”Bayramýnýz mübarek olsun” yang artinya Semoga bayram-mu menjadi berkah. Perayaan lebaran ditandai bersilaturahmi sambil mengenakan baju baru. Muslim di Turki juga mengenal tradisi sungkeman, bedanya orang tua akan mencium tangan kanannya sendiri dan kemudian dipegangkan didahi anaknya sambil mengucap doa lebaran. Selain membayar zakat fitrah, mereka juga melakukan penggalangan dana bagi kaum miskin yang dilakukan dengan acara sosial sampai pertunjukan hiburan. Acara yang lebih meriah berlangsung saat nyekar yang ditandai dengan muculnya pasar bunga untuk nyekar selama 3 hari berturut-turut.

Iran
Mayoritas warga muslim di Iran adalah pengikut ajaran Syiah, karena itu perayaan Idul Fitri di Iran cenderung bersifat personal dan kurang semarak. Perayaan hanya dilakukan dengan salat Id berjamaah di masjid atau lapangan kemudian dilanjutkan dengan acara silaturahmi keluarga. Selanjutnya acara ditutup dengan pemberian makanan oleh keluarga kaya kepada keluarga yang kurang mampu.

India, Pakistan dan Bangladesh
Tiga negara bertetangga ini memiliki tradisi lebaran yang mirip. Pada malam terakhir di bulan puasa atau yang disebut malam Chand Raat (malam bulan), biasanya warga muslim akan memenuhi mal dan pusat belanja untuk belanja baju. Para Perempuan akan mengecat tangan mereka dengan  henna, dan mengenakan pakaian berwarna-warni. Pagi hari saat Idul Fitri, mereka akan pergi ke masjid atau lapangan tempat salat Ied digelar atau disebut dengan eidgah. Sesudah salat, acara berkumpul dilaksanakan untuk masing-masing keluarga besar. Mereka akan saling mengucapkan Eid mubarak sebagai salam lebaran. Tak lupa orang tua akan memberikan uang yang disebut Eidi kepada anak-anak, kerabat atau cucu. Makanan khas lebaran di negara ini adalah sivayyan, berupa bihun. Setelah berkumpul dan melakukan tradisi nyekar, perayaan dilanjutkan dengan acara pergi ke taman atau lapangan tempat festival khusus, karnaval dan kembang api. Jika di Indonesia semua rumah makan tutup di hari lebaran, maka di  tiga negara ini semua rumah makan justru dipenuhi pengunjung.

Cina
Walaupun penganut Muslim di Cina tidak banyak, tetapi perayaan Idul Fitri di negara yang menganut sistem politik komunis ini tetap berlangsung meriah. Saat Idul Fitri, kota Xinjiang dipenuhi sekitar 1000 muslim yang akan melaksanakan salat Id. Para lelaki mengenakan jas khas dan kopiah putih, sementara perempuan mengenakan baju hangat dan kerudung setengah tutup. Usai salat, jemaah akan mengikuti acara berupa masak dan makan bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan saling mengunjungi kerabat yang diikuti kebiasaan.bersih-bersih makam dan pembacaan doa.

dari berbagai sumber😉

~ oleh dhieeewhe pada 30 September 2008.

3 Tanggapan to “tR@d!si Leb@raN Um@t Muslim di Dun!a”

  1. Taqobalallahu minna wa minkum
    Minal Aidin wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    1 Syawal 1428 H

  2. Pada hari ini, rabu pahing, 1 syawal 1429 H, q sampaikan ucapan : selamat hari raya idul fitri. Minnal aidzin walfa idzin. Mhn maaf lahir bathin.

  3. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    MOHON MAAF LAHIR N BATHIN

    http://www.accan.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: