Asteroid Kecil Tembus Atmosfer Bumi

Sebuah asteroid yang masuk dalam kategori berukuran kecil akan menembus atmosfer Bumi hari ini. Pemandangan bola api yang ditimbulkannya mungkin dapat diamati paling jelas dari atas langit Sudan, Selasa (7/10) pagi.

“Untuk pertama kalinya kami dapat memprediksi tumbukan dengan baik dan ini akan menjadi pertunjukan angkasa yang menarik di dunia,” ujar Donald Yeomans, manajer program Near Earth Object di Pusat Riset AMES, NASA. Peristiwa tersebut akan terjadi pukul 09.46 WIB.

Obyek yang diberi kode nama 2008 TC3 ini pertama kali diketahui pada survei langit di Gunung Lemon yang dilakukan Universitas Arizona, Minggu (5/10). Ukuran diameternya diperkirakan 1 hingga 4,5 meter sehingga termasuk kecil dan akan habis terbakar saat bergesekan dengan atmosfer Bumi.

“Pengaruh tumbukan ke atmosfer mungkin dilepaskannya, baik ledakan tunggal maupun rangkaian ledakan, sekitar 1 kiloton energi. Ini artinya kerusakan di darat diperkirakan nol,” ujar Andre Milani, peneliti dari Universitas Pisa, Italia.

Informasi seperti ini penting di masa depan sebagai peringatan dini untuk memberikan risiko yang mungkin akan dihadapi. Pusat riset Ames telah melacak keberadaan 5.681 obyek sejenis, tapi hanya 757 yang cukup besar dan membahayakan Bumi. Setiap tahun rata-rata permukaan Bumi dihantam 2-3 batu angkasa, tapi tidak pernah ada peringatan sebelumnya.

Info : SPACE.COM

~ oleh dhieeewhe pada 7 Oktober 2008.

2 Tanggapan to “Asteroid Kecil Tembus Atmosfer Bumi”

  1. Sdh bc e-book ttg planet X?Keren lho..

  2. waach belum tu😀

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: