Fadjroel Rachman PD Jadi Capres Independen

Fadjroel Rachman tampaknya semakin yakin dan percaya diri untuk bisa maju sebagai calon presiden independen dalam pemilu 2009. Apalagi, dalam sidang lanjutan uji materi atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (15/10), banyak mendapat dukungan dari para ahli.

Menurut Ketua Lembaga Pengkajian Demokrasi dan Negara Kesejahteraan (Pedoman) Indonesia tersebut, keteguhan dirinya memperjuangkan capres dari calon independen tidak semata untuk kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan rakyat.

“Saya ingin mengembalikan konstitusional setiap warganegara yang ada di Indonesia, di mana setiap warga berhak untuk memilih dan dipilih sebagai presiden,” ujar Fadjroel di Jakarta, Rabu (15/10). Dengan begitu, lanjut Fadjroel, semua warga negara mempunyai posisi dan kesempatan yang sama untuk menjadi presiden.

“Jangan hanya melalui jalur partai saja. Bagaimana dengan mereka yang mempunyai kemampuan sebagai presiden, namun tidak masuk dalam lingkup partai dan terkendala dengan minimnya biaya?” ungkap Fadjroel.

Fadjroel mengatakan, meskipun dirinya nanti belum tentu menjadi figur calon independen yang dipilih oleh rakyat, namun dirinya tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

“Siapa tau nanti bila sudah disetujui oleh MK, malah anda atau orang lain yang justru menjadi presiden. Itu tidak masalah bagi saya, yang penting adalah mengembalikan konstitusional warganegara,” beber Fadjroel.

Meskipun didukung oleh para ahli, perjuangan Fadjroel belum selesai sebelum MK mengambil keputusan. Perwakilan pemerintah yang juga hadir dalam persidangan tersebut masih memberatkan usaha yang dilakukan oleh Fadjroel beserta Mariana Amiruddin dan Bob Febrian.

“Karena di dalam undang-undang nomor 23 tahun 2003 tersebut sudah jelas, bahwa mereka yang berhak dicalonkan sebagai presiden dan wakil presiden adalah calon yang diusung oleh partai,” ucap Soedarsono, dari Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri yang mewakili pihak pemerintah.

info : komp

~ oleh dhieeewhe pada 15 Oktober 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: