Pangeran Charles Tiba di Jakarta

Putra Mahkota Kerajaan Inggris Pangeran Charles, Sabtu ini, direncanakan tiba di Jakarta untuk melakukan kunjungan selama lima hari.

Selama di Indonesia, Pangeran Charles yang datang tanpa didampingi istrinya, Putri Camilla, akan berkunjung ke Jambi untuk melihat langsung proyek penghutanan kembali yang dibantu oleh Pemerintah Inggris, yaitu Hutan Harapan, Minggu besok. Beliau juga akan mengunjungi Yogyakarta pada Selasa (4/11) dan bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono X.

Hal itu dijelaskan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Martin Hatfull, Jumat di Jakarta. Pangeran Charles pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1989 bersama istrinya ketika itu, Putri Diana.

Ada dua tema utama dalam kunjungan Pangeran Charles itu, yaitu pelestarian hutan tropis di Indonesia terkait dengan masalah perubahan iklim global serta pemajuan pemahaman agama dan budaya melalui dialog antarkepercayaan. Kedua tema itu sangat lekat dengan kegiatan Pangeran Charles selama ini yang aktif dalam berbagai lembaga sosial dan lingkungan.

”Memerangi masalah perubahan iklim melalui kerja sama dengan Indonesia sangat penting karena Indonesia pemilik hutan tropis yang besar dan hutan tropis itu sangat baik sebagai carbon sink (penyerap karbon),” ujar Hatfull sambil menegaskan bahwa kunjungan Pangeran Charles ke Indonesia akan membantu mengembangkan lebih lanjut hubungan Indonesia-Inggris yang sudah berjalan sangat baik.

Agenda

Dubes Inggris menguraikan, Pangeran Charles akan berangkat ke Jambi, Minggu, untuk melihat proyek Hutan Harapan yang merupakan proyek penghutanan kembali lahan hutan yang rusak. Pada Senin Pangeran Charles akan melakukan kegiatan di Jakarta, yaitu bertemu dengan Presiden Yudhoyono dan berpidato di Istana dengan tema masa depan hutan tropis dan peran negara berkembang dalam melestarikan hutan tropis.

Putra Mahkota Inggris itu kemudian akan menghadiri seminar yang diselenggarakan Nahdlatul Ulama dengan tema ”Faith and Environment”. Pada seminar itu Pangeran Charles akan bertemu dengan tokoh-tokoh lintas agama di Indonesia. Kemudian pada malam harinya beliau akan bertemu masyarakat Inggris di Indonesia dalam sebuah resepsi.

Di Yogyakarta, selain bertemu Sultan, Charles juga akan dipertemukan dengan beberapa perwakilan mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk mendiskusikan dialog antarkeyakinan sekaligus mengenal bidang studi Comparative Religion di UGM. Pangeran Charles akan meninggalkan Jakarta Rabu pagi.

~ oleh dhieeewhe pada 1 November 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: