Maryamah Karpov d@Lam meN@n9!s saMb!L t3Rt@wa

Duuhh .. agak telat nich🙂 tapi nggak apa-apa ah … dhie sempet-sempetin, wes getun sesungguhnya habisnya cari info katanya tahun depan yang keluar kok ???😦 siapa yang ga tahu Maryamah Karpov ?? kapan ya dhie belinya ???

Pasti teman-teman udah pada tahu khan ? hebohnya buku ini, Maryamah Karpov merupakan judul novel ke-4 karya Andrea Hirata yang telah beredar mulai 28 November 2008. Tetralogi karyanya, diharapkan menyusul sukses yang sama dengan novel pertamanya, Laskar Pelangi.

Mengenai pengalaman menulis Maryamah Karpov, Andrea mengungkap bahwa ada proses yang berbeda dengan dua novel sebelumnya, yakni Sang Pemimpi dan Endensor.

“Saya menulis Sang Pemimpi dan Endensor, tidak se-happy ketika menulis Laskar Pelangi karena saya belajar lagi tentang apa itu sastra dan novel. Lalu saya ingin kembali seperti dulu, tidak paham sastra dan novel seperti saat saya menulis Laskar Pelangi. Saya menganggap diri saya bodoh seperti dulu. Lalu, saya menulis Maryamah Karpov, dalam tertawa, dalam menangis, dalam menangis sambil tertawa, seperti dulu menulis Laskar Pelangi. Kemudian setelah Maryamah Karpov selesai, rasanya saya seperti menulis Laskar Pelangi yang ke-2,” tuturnya panjang lebar.

Buku ini dipersembahkan kepada dua orang keponakannya (Dendi dan Alvin), SLANK, dan para SLANKERS. Andrea mengungkap kekagumannya kepada grup musik SLANK yang kerap berucap: kerja keras, kerja keras, kerja keras.

Novel setebal 504 halaman ini, disebutnya sebagai sebuah perjuangan. Dalam novel Maryamah Karpov, pembaca akan mengetahui pamungkas cerita dari Laskar Pelangi.

Maryamah Karpov, layaknya sebuah dendang penutup bagi episode sukses novel Laskar Pelangi. Lantunan kata dan peristiwa di dalamnya adalah akhir cerita dari A Ling, Arai, Lintang, dan tokoh-tokoh lainnya. Sebuah dendang gembira suka-suka, dari Andrea Hirata untuk tanah airnya.

“Jika dulu aku tak menegakkan sumpah untuk sekolah setinggi tingginnya demi martabat ayahku,aku dapat melihat diriku dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop dengan gunungan timah, mengumpulkan nafas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai maghrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya. Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan nasib pada ayahku dan kepada kaumku. Tuhan telah memeluk mimpiku, atas nama harkat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku, saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pemberani”

Gini nich sinopsisnya

Keberanian dan keteguhan hati telah membawa ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi A Ling. Apa pun ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali? Novel ini menceritakan semua hal tentang Laskar Pelangi, A Ling, Arai, Lintang, dan beberapa tokoh dalam cerita sebelumnya. Tetap dengan sihir kata-katanya, Anda akan dibawa Andrea pada kisah yang menakjubkan sekaligus mengharukan.

~ oleh dhieeewhe pada 3 Desember 2008.

4 Tanggapan to “Maryamah Karpov d@Lam meN@n9!s saMb!L t3Rt@wa”

  1. waduh aku dah penasaran banged nie ma ceritanya, mo beli bukunya belum sempet, ,,,,belum sempet punya duit sih, he he

  2. mahal ga??? hi5…😀

  3. gw baru beli nihh tapi blm baca semua.. saluttt buat andrea hirata pendatang baru tapi karyanya langsung jadi best seller…

  4. => haris
    heee .. ya nabung dulu heee🙂

    => nono
    bang nono kira-kira klo di toko buku harganya 70an
    tapi klo di mana ya ??? heee … klo di jogja di shopping harganya 60an dah dpt itu aja klo belum naik🙂

    => Celebrities Gossip
    hu uh … wahh .. udah beli ya ??!!! mau donk🙂
    heeee .. heee:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: