uNiknya buNga s3dap maLam

Bunga sedap malam sangatlah terkenal dengan keharumannya. Selain harum bunga ini juga sangat unik. Yaa .. si putih ini hanya mengembang saat malam hari. Menarik sekali bukan😀.. Nah,, kira-kira apa penyebabnya, ya??

Si cantik ini memiliki nama latin Polianthes tuberose dan juga dikenal sebagai tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae. Nama tuberosa sendiri menunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki umbi (tuber). Nah, saat ini dikenal sekitar 12 spesies dari genus Polianthe dan ternyata masih berkerabat dekat dengan genus Manfreda

Karena keharumannya itulah minyak dari bunga ini biasanya digunakan dalam pembuatan parfum. Asal muasal si putih diperkirakan dari Meksiko. Bahkan bangsa Astek sendiri telah mengenalnya dengan nama omixochitl atau juga “bunga tulang”. Mungkin karena posturnya yang tegap berdiri menyerupai tulang:mrgreen:

Ada lagi nih fakta menarik lainnya. Kalau di India bagian timur adalah sedap malam dikenal sebagai ratkirani, yang berarti “ratu malam”. Di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti “tempat ngengat hinggap”. Sedangkan di Persia, bunga ini disebut maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan. Kegunaannya pun beragam. Di Hawaii biasa digunakan untuk pengantin dan pada jaman dahulu kala, tepatnya di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga untuk pemakaman. Wuih, benar-benar unik si cantik yang harum ini.

Selain keharumannya yang sangat eksotik, bunga sedap malam sangat digemari para hobblis tanaman hias. Dikarenakan keindahan rumpun bunga putihnya. Belum lagi daun hijau mudanya yang tumbuh mengumpul di pangkal batang. Kesemuanya ini membuat bentuk fisik sedap malam seolah-seolah sudah terangkai. Apalagi kalau diikat secara bergerombol, akan tampak manis sekali…

sumber : vibizlife

~ oleh dhieeewhe pada 1 Oktober 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: